Langsung ke konten utama

Fahruddin Nasrulloh dan Sebuah Kenangan

Beberapa hari kemarin, saya berbincang renyah dengan mas Salman, seorang penyair, penulis novel, aktor pementasan lulusan S1 dan S2 dari ISI Jogjakarta. Kami berdua duduk di halte bus kampus NUS (National University of Singapore), menunggu bus yang akan menjemput kami pulang ke apartemen. Mendengar beliau bercerita tentang pengalamannya malang melintang di Jogja, aku tertarik bertanya tentang seseorang.

           "Mas Salman kenal dengan mas Fahruddin?, Fahruddin Nasrulloh dari Jombang" tanya saya. "Dia dulu sudah malang melintang di Jogja lho mas" sambung saya.
           "Oh, tau saya. Dia yang dari IAIN kan?" jawab mas Salman dengan pandang menerawang. "Iya, saya tau dulu di Jogja bareng-bareng" imbuh beliau sambil mengangguk-angguk.
           "Beliau mentorku dulu di Jombang, Mas" kataku. "Tapi aku dengar, beliau lagi sakit, sempat muntah darah kemarin"
           "Oh, moga-moga cepat sembuh", balas mas Salman dengan prihatin.
           "Semoga, Amieen." sambutku pasti.

Itu percakapan terakhirku yang menyangkut beliau, orang yang kuanggap mentor menulis dan berdiskusi ria di Jombang. Mas Fahruddin Nasrulloh, penyair, penulis, aktor dan yang baru-baru ini kudengar, guru bahasa Indonesia di Jombang. Akan tetapi, dunia ini tidaklah tempat yang harus disinggahinya lama. Selepas magrib tadi, aku membaca status FB mengejutkan dari senior PMII Jombang yang mengabarkan kepergian beliau dari alam fana ini. Mas Fahruddin, telah meninggal sore hari tadi di Surabaya. Sesuai info, akan dimakamkan besok di tanah kelahirannya, Mojokuripan, Jombang.

Sudah seharusnya, kita bersedih hati dan kehilangan sebab ditinggalkan teman, sahabat, mentor dan guru yang masih muda ini. Meskipun secara pribadi, aku belumlah lama mengenalnya. Perkenalanku dengan beliau di tahun 2009 akhir mengguratkan kesan, bahwa beliau orang yang istimewa. Istimewa, karena terlihat gairah dan kesungguhan beliau untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan kami, para mahasiswa yang kepengen banget belajar menulis dan berdiskusi. Beliau tidak pelit berbagi ilmu dan jaringan. Beliau mau dan senang hati meminjami kami koleksi CD/DVD/VCD film-film berkualitasnya tanpa bayar sewa. Juga buku-buku yang berserakan dirumahnya, dipersilahkan buat kami bawa, asal dikembalikan tepat waktu semua.

Beliau juga istimewa dalam tulus mendukung dan mau direpoti oleh lembaga kami, Fikrah Institute yang baru berdiri saat itu . Aku masih ingat, ketika kami memintanya menjadi fasilitator dan pemateri tunggal dalam acara Bengkel Menulis yang kami adakan di Wonosalam. Tanpa bayaran dan tanpa transportasi, alias Gratis! Padahal acara itu kami langsungkan seharian. Bahkan beliau, dengan mas Jabbar (tokoh muda seniman Mojokerto) mau urun bersama, bantingan bersama untuk beli makan dan jajanan ala kadarnya.

Beliau juga akan dengan senang hati menunjukkan siapa saja orang yang bisa kami undang untuk diskusi bulanan kami. Maka, dengan jaringan beliaulah, kami bisa mengundang Pak Robin, Kiai Hamim Mojokerto, Cak Nas, dan sederet orang yang banyak bergelut di dunia seni dan tulisan di seputar Jombang dan Mojokerto. Dan beliau pasti akan selalu berusaha hadir dan mengikuti diskusi kami itu selagi tidak ada halangan.

Selain itu, kami juga selalu diundang di rutinan kajian yang beliau adakan dengan tajuk, Geladak Sastra. Sesuai dengan namanya, kajian ini fokus pada upaya pembedahan karya sastra yang sudah jadi buku, entah berupa novel, kumpulan cerpen, maupun antologi puisi.  Diskusi ini sangat menyenangkan, karena langsung adanya penulis buku yang datang. Kami bisa mengetahui langsung apa yang jadi idealitas dalam karya dari sang penulisnya langsung. Ada mas Nurel Javissyarqi, mas Jabbar Abdullah, mas yang dari Mandar, dan sebagainya. Ada pengalaman baru, diskusi yang hidup dan perkawanan tulus ikhlas yang beliau ajarkan dan berikan pada kami.

Kini, sudah 4 tahun lebih aku mengenal beliau, meskipun lama juga tidak bertemu muka. Terakhir kali aku menyambanginya di Mojokuripan, ternyata beliau sudah pindah ke Surabaya, kerumah istrinya. Tapi tidak mengapa, perjumpaan yang singkat ini sudah mengguratkan kenangan dan kesan yang mendalam buat kami di Fikrah Institute dan PMII Jombang. Mas Fahruddin yang sederhana, yang kukenal dengan buku Syaik Branjang Abang, masih juga mau menemani kami yang muda-muda dalam berproses dan belajar membuat karya. Mas Fahruddin yang tidak pernah malu berkawan dan mendidik kami, meskipun kami tahu beliau sudah terkenal dan malang melintang di Jogja sana.

Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna. Tapi setidaknya, ini sebuah usaha kecil untuk membuat sebuah pengakuan, betapa istimewanya beliau bagi kami, sejak dulu hingga sekarang. Semoga arwah beliau senantiasa dalam rengkuhan kasih sayang Allah Swt. Amien. Aku bersaksi, "engkau orang baik yang telah dikenalkan Tuhan pada kami semuaMas."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malaysia, the second

Mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport), segera saja mata kami semua disambut dengan jejeran pesawat Malaysia Airlines (MAS) dan Airasia, dua pesawat kebanggaan orang Malaysia. Sebelumnya, ketika bersiap-siap mendarat, hanya sawit dan sawit yang menjadi pandangan kami. Memang, Malaysia sedang bergiat memacu penanaman sawit, agar bisa menyaingi Indonesia, sang pemimpin nomer satu produksi sawit sedunia. Menjejakkan kaki di KLIA ini, adalah kesempatan keduaku menjejak negeri jiran ini. Mei atau Juni kemarin, aku sudah sempat masuk ke negara ini, meski hanya di Johor Bahru, negara bagian yang berbatasan langsung dengan Singapura. Artinya, Pasporku pun sudah dua kali di stempel oleh negara serumpun kita ini, hehe. Seperti sudah pernah kutulis, bandara internasional adalah wajah pertama yang akan menyambut anda di suatu negara. Ia bisa jadi cerminan baik dan buruknya pelayanan di sebuah negara. Pada kondisi ini, Indonesia mesti mengakui kualitas pelayanan yang lebih b

Motivasi: Alert!

www.pulsk.com Aku baru menyadari, tipeku adalah pengajar yang suka memotivasi mereka yang diajar. Setiap pagi saat menemani para santri belajar bahasa inggris, aku tidak pernah lupa untuk menyemangati. Aku membantu mendorong dan memberikan pandangan yang sekiranya membuat mereka bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Dengan begitu, mereka akan bisa sukses dalam belajar, menurutku pastinya. Terlepas dari kelebihannya, peran seperti ini menurutku menyimpan beberapa masalah yang mesti diwaspadai. Pertama, motivasi adalah soal ujaran, sementara yang paling penting dalam hidup adalah tindakan. Motivasi tanpa tindakan adalah omong kosong. Nihil. Sementara, hidup tanpa tindakan yang baik dan berguna adalah bencana. Kita, sebagai manusia, cenderung sering tidak waspada dan lambat untuk belajar dari pengalaman di masa lampau. Contohnya, kita menyadari betapa pencemaran alam adalah hasil dari perbuatan kita yang ceroboh dan serakah men

Sore Hujan

Rintik-rintik melirik Tajamkan sukmaku, melayang Lihat, hujan sore ini menelantarkan sesirat Sedang kidung hidup terus menerka-nerka Apa gerangan terjadi? Masihkah sesuluhmu menjadi harap? Sedang derap waktu senantiasa lesu O, ia masih merintiki sore ini Seolah kesumat lampauan tahun menyerukannya Ya.. Sudah lampauan tahun Bumi tengadah menerjang lara Langit merintih keringkan asa Sore yang hujan Sayap-sayap pepohonan kembali merekah Aduhai, biarkan hijaumu menemani mataku Mengeja hari mengais-ngais rindu Sukma mendesah Hati merendah Telingaku menangkap dendang Kepalaku berputar riang (15 September 2009 pukul 16:13, Menyambut hujan perdana di Jombang)