Langsung ke konten utama

Kegagalan itu Menyedihkan

Orang bilang, “Kegagalan adalah kemenangan yang tertunda”. Itu benar. Akan tetapi, hari-hari ini aku lebih suka mengatakan, “Kegagalan itu benar-benar menyedihkan”.

Ngaji ba’da subuh tadi, aku memutuskan untuk memberi tahu mereka langsung. Bahwa mungkin dalam waktu yang tidak lama, aku tidak akan menjadi guru kelas mereka lagi. Aku akan mundur dari tugas mengajarku di pondok ini. Membiarkan mereka mendapat guru yang lebih cocok buat mereka. Guru yang bisa membuat mereka lebih mudah paham dalam mencerna pelajaran. Guru yang bisa menginspirasi mereka untuk selalu bersemangat menantang kerasnya masa depan.

Kata mundur itu terucap, sejak akhir-akhir ini aku menyadari, para santri di kelasku nampak kepayahan dalam mengikuti pelajaran. Nampaknya mereka sulit sekali untuk mencerna dan memahami pelajaran yang aku ajar selama ini. Nampaknya, semangat dan gairah mereka untuk belajar, menghafal dan mengulangi pelajaran di kamar mereka masing-masing masih kurang tinggi. Indikasinya, ketika ditanya ulang tentang materi mereka yang sebelumnya(rehearsal), mereka kesulitan menjawabnya dengan benar dan tepat.

Aku mengatakan kepada mereka, itu bukan kesalahan mereka. Aku percaya, setiap santri/murid itu cerdas, mempunyai cara yang unik untuk mengatasi kelemahan masing-masing dalam mengikuti pelajaran. Bisa dimaklumi juga, kelemahan itu karena energi mereka sudah begitu terforsir dengan seabreg hafalan, tugas belajar, PR sekolah, dan belum lagi masalah hidup sehari-hari mereka. Dengan semua kondisi itu, mengharapkan mereka, para santri, untuk cepat paham dan menyerap ilmu pastinya terlalu berlebihan. Tidak ada santri/murid yang bodoh, karena mereka unik dan mempunyai kelebihan mereka masing-masing. Tugas guru untuk menemukan dan mengembangkan keunikan dan kecerdasan itu agar menjadi pribadi yang benar-benar hebat di masa depan.

Tujuan pengajaran adalah untuk mencerdaskan anak didik. Jika itu gagal dipenuhi, tanggung jawab para guru untuk berintrospeksi dan menimbang diri sendiri. Artinya, kalau para santri tidak  bisa memahami dan menghafal dengan baik, itu salah gurunya, bukan muridnya. Guru, adalah teman yang seharusnya bisa menyemangati mereka untuk terus maju dan bergairah dalam belajar pada semua keadaan. Guru, adalah rekan yang seharusnya memandu mereka untuk mencapai keberhasilan belajar.

Pada titik ini, aku sungguh merasa kecewa pada diri sendiri. Melihat kesulitan yang mereka dapatkan, kesalahan mutlak ada ditanganku sebagai seorang guru dan pamong. Itu artinya, metode-metode ajar yang aku terapkan pada mereka terbukti gagal total. Semangat dan inspirasi yang setiap saat coba kupompakan juga mandul. Aku benar-benar mengalami jalan buntu, tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Maka, dengan berat kukatakan pada mereka, jika kondisinya tetap seperti ini, maka aku akan berhenti mengajar mereka. Aku terbukti gagal total. Tidak ada lagi yang bisa dilanjutkan dari proses yang tidak menjanjikan seperti ini. Secepatnya, mereka butuh profil guru lain yang bisa membuat mereka bergairah dalam belajar dan cepat paham dengan materi. Seorang guru ideal yang bisa menginspirasi mereka dan mencerdaskan mereka.

Maka, kesedihan dan kekecewaaanku hari ini bukanlah karena ketidak-mampuan para santri, tapi lebih karena kegagalanku untuk menjadi guru yang terbaik buat mereka. Atau lebih buruk lagi, karena aku memang benar-benar tidak pantas menjadi seorang guru. Rasanya, terlalu sulit bagiku untuk bisa membuat mereka bersemangat raksasa ketika belajar, optimis yang menggelegak ketika menghafal dan sabar yang menenangkan ketika mereka mengulangi pelajaran. Aku tidak masuk kriteria guru seperti itu.

Padahal, aku suka sekali mengajar. Berdiri atau duduk didepan kelas, berbagi sedikit ilmu yang kupunya dan bercerita tentang masa lalu, masa kini dan masa depan bersama mereka. Rasanya menyenangkan sekali ketika berusaha membuat untuk mereka terinspirasi dan bersemangat mengejar mimpi-mimpi mereka. Aku menikmati itu, aku menyenangi.

Maka apa lagi yang bisa kuperbuat selain mundur dan memberi kesempatan pada para santri untuk mendapat guru yang lebih baik lagi? itu mungkin hal terakhir yang bisa kuberikan pada mereka. Suka mengajar saja bukanlah satu-satunya beka, masih banyak faktor lain yang menentukan keberhasilan belajar para santri. Harus kuakui, aku gagal dalam mengajar mereka. Yang lebih menyedihkan lagi, mungkin aku memang tidak bisa mengajar.

Yang terbaik untuk sementara ini, aku harus menarik diri dari dunia pengajaran ini. Mungkin, memang sudah waktunya untukku kembali sepenuhnya konsentrasi untuk menekuni hafalan ulang Qur’anku dan persiapan diri untuk mengejar beasiswa kuliah ke luar negeri. Merubah diri menjadi manusia baru. Agar pada suatu hari nanti, aku mungkin bisa kembali berdiri atau duduk didepan mereka, bercerita dan berbagi inspirasi bersama mereka semua.

Mlangi, 26 September 2013
Untuk kegagalan dan kesedihan yang tak lelah menjadi teman karib.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malaysia, the second

Mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport), segera saja mata kami semua disambut dengan jejeran pesawat Malaysia Airlines (MAS) dan Airasia, dua pesawat kebanggaan orang Malaysia. Sebelumnya, ketika bersiap-siap mendarat, hanya sawit dan sawit yang menjadi pandangan kami. Memang, Malaysia sedang bergiat memacu penanaman sawit, agar bisa menyaingi Indonesia, sang pemimpin nomer satu produksi sawit sedunia. Menjejakkan kaki di KLIA ini, adalah kesempatan keduaku menjejak negeri jiran ini. Mei atau Juni kemarin, aku sudah sempat masuk ke negara ini, meski hanya di Johor Bahru, negara bagian yang berbatasan langsung dengan Singapura. Artinya, Pasporku pun sudah dua kali di stempel oleh negara serumpun kita ini, hehe. Seperti sudah pernah kutulis, bandara internasional adalah wajah pertama yang akan menyambut anda di suatu negara. Ia bisa jadi cerminan baik dan buruknya pelayanan di sebuah negara. Pada kondisi ini, Indonesia mesti mengakui kualitas pelayanan yang lebih b

Motivasi: Alert!

www.pulsk.com Aku baru menyadari, tipeku adalah pengajar yang suka memotivasi mereka yang diajar. Setiap pagi saat menemani para santri belajar bahasa inggris, aku tidak pernah lupa untuk menyemangati. Aku membantu mendorong dan memberikan pandangan yang sekiranya membuat mereka bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Dengan begitu, mereka akan bisa sukses dalam belajar, menurutku pastinya. Terlepas dari kelebihannya, peran seperti ini menurutku menyimpan beberapa masalah yang mesti diwaspadai. Pertama, motivasi adalah soal ujaran, sementara yang paling penting dalam hidup adalah tindakan. Motivasi tanpa tindakan adalah omong kosong. Nihil. Sementara, hidup tanpa tindakan yang baik dan berguna adalah bencana. Kita, sebagai manusia, cenderung sering tidak waspada dan lambat untuk belajar dari pengalaman di masa lampau. Contohnya, kita menyadari betapa pencemaran alam adalah hasil dari perbuatan kita yang ceroboh dan serakah men

Sore Hujan

Rintik-rintik melirik Tajamkan sukmaku, melayang Lihat, hujan sore ini menelantarkan sesirat Sedang kidung hidup terus menerka-nerka Apa gerangan terjadi? Masihkah sesuluhmu menjadi harap? Sedang derap waktu senantiasa lesu O, ia masih merintiki sore ini Seolah kesumat lampauan tahun menyerukannya Ya.. Sudah lampauan tahun Bumi tengadah menerjang lara Langit merintih keringkan asa Sore yang hujan Sayap-sayap pepohonan kembali merekah Aduhai, biarkan hijaumu menemani mataku Mengeja hari mengais-ngais rindu Sukma mendesah Hati merendah Telingaku menangkap dendang Kepalaku berputar riang (15 September 2009 pukul 16:13, Menyambut hujan perdana di Jombang)