Langsung ke konten utama

Response paper on Friedrich Nietzsche: Human, All Too Human


Nietzsche’s concept succeeds to understand the basic presupposition of human’s revenge, but it fails to understand the basic presupposition of society in Punishment. Nietzsche assumes that human has two presuppositions in revenge: without wishing to harm, and wishing harm. But he fails to understand the basic presupposition of society in punishment because he sees that revenge is same as punishment.
Nietzsche divides the basic presupposition of Revenge to be two kinds: without wishing to harm and wishing to harm. Without wishing to harm is called self-preservation which will be done by human solely as reflect of self defense. It means that every people will give similar action when they get harassment from the others without intension that they do it to harm. They just reply what you have done to them. Opposite of that, Wishing to harm is called restoration, the revenge strongly to reply your harassment. It based on the assumption that people need to restore their honor, their dignity in front of the other. People who get harassment from other people feel un-equal, no confident and weak, so that way they will do as same as they have got, harassment has to be replied by harassment. Nietzsche has succeeded to understand the basic presupposition of human’s revenge.
But when Nietzsche equal revenge as a punishment in society, he fails to understand that individuality and society is different. Based on John Locke’s concept, society is built by contract social. It means that everyone has to admit and follow the rule of society which was created and agreed by them such as norm and constitution. They will get punishment when they cut off those rules. The basic presupposition in society is co-understanding to follow their rules, no revenge in society. Punishment is an impact of our mistakes, nor revenge. Society never revenges themselves, because revenge solely happens as a reaction to the others, nor themselves.
. Nietzsche fails when he sees that Individuality and society is similar because they are totally different. His failure happens when his concept about revenge is equaled to punishment in society. No revenge such as self-preservation and restoration in ourselves moreover our society, it just an impact of our mistake such as cutting of the rules which we made as a contract among each people.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

September

September Kulipat mimpi Kukantongi mantra Lihat, tak ada lagi duka Lihat, rindu kita melanglang buana Ini September Saat kita segera berangkat Memula masa singkat, meski Menyimpan geletar gelap Dan sendu tasbih para malaikat Melukis gemerlap esok Merajut dunia Melibas prahara Tak usah bersedih Sedang kesedihan pun mulai bosan Jadi teman kecil kita Mari sulut semangat Biar berkilat semua karat Dan benderang semua pekat Untuk Bunga Kutulis puisi untukmu Agar terketuk segala pintu Dan terbuka segala rahasia Kita benar-benar berbeda Meski Waktu selalu saja cemburu Dengan diam yang kita bicarakan Dengan cerita yang kita bisukan Untuk Bunga Engkaulah penanda baru Pada setiap jejak yang kubuat Untuk memintal ruang waktu Meski jauh menjadi karib Meski koma menjelma titik Demi Waktu Demi Waktu Manusia selalu berada dalam kerugian Demi Waktu Manusia tempat segala kesalahan Demi Waktu Manusia-lah kekasi...

Berotak Tekad, Berhati Malaikat; a Tribute to Undar Jombang

18 September 1965, tanggal kelahiran Undar Jombang. Sudah begitu tua, setua Gus Mujib, Neng Eyik dan Gus Lukman yang sampai sekarang masih menjadi penguasa-penguasa Undar, asyik mengangkangi “tahta kecil” mereka. Tapi Undar memang istimewa, biarpun dihantam krisis kepemimpinan sejak lama, sampai sekarang masih saja berdiri kukuh. Menantang langit, mengukir jaman. Undar selalu ada, tapi sedihnya, mungkin ia juga pelan-pelan menjadi tiada. Timbul tenggelam, mencari pegangan kesana kemari tanpa pertolongan siapapun. Bukan karena tidak ada yang menolong, tapi karena Undar sendiri yang menolaknya. Di stasiun Purwokerto, jam 6 pagi pada akhir Juli 2004, aku bersama seorang sahabat karib menaiki kereta Logawa jurusan Purwokerto – Surabaya. Tiket seharga 21 ribu selalu kupegang erat-erat. Ini perjalananku pertama kali yang jauh dari Cilacap, kota kelahiranku. Hari itu, aku dan temanku berangkat ke Jombang, untuk nyantri dan kuliah di Universitas Darul Ulum Jombang. Sejak melihat brosur ka...

Malaysia, the second

Mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport), segera saja mata kami semua disambut dengan jejeran pesawat Malaysia Airlines (MAS) dan Airasia, dua pesawat kebanggaan orang Malaysia. Sebelumnya, ketika bersiap-siap mendarat, hanya sawit dan sawit yang menjadi pandangan kami. Memang, Malaysia sedang bergiat memacu penanaman sawit, agar bisa menyaingi Indonesia, sang pemimpin nomer satu produksi sawit sedunia. Menjejakkan kaki di KLIA ini, adalah kesempatan keduaku menjejak negeri jiran ini. Mei atau Juni kemarin, aku sudah sempat masuk ke negara ini, meski hanya di Johor Bahru, negara bagian yang berbatasan langsung dengan Singapura. Artinya, Pasporku pun sudah dua kali di stempel oleh negara serumpun kita ini, hehe. Seperti sudah pernah kutulis, bandara internasional adalah wajah pertama yang akan menyambut anda di suatu negara. Ia bisa jadi cerminan baik dan buruknya pelayanan di sebuah negara. Pada kondisi ini, Indonesia mesti mengakui kualitas pelayanan yang lebih b...