Langsung ke konten utama

Kuah Kari India

Makan siang di teras kantin, sendirian sambil memandangi hujan lebat itu sungguh mengasyikkan.

Kuputar pandangan ke segala penjuru, semua orang memilih makan didalam kantin. Aku menyukai suasana hujan, dan aku menyukai kesendirian. Oia, ini kantin yang biasa kami sebut, Kantin ARI (Asia Research Institute), karena letaknya yang dekat dengan gedung ARI di Bukit Timah Campus, NUS. Kalau anda suatu hari nanti kesini, menjadi visiting scholar (amieen..) atau turis, jangan lupa mampir kesini. Bukan karena makanannya yang istimewa, tapi karena disini anda bisa melihat banyak professor dan peneliti yang sliweran, membawa nampan makan mereka. Apalagi kalau sampai berani mengajak ngobrol dan diskusi, itu lebih hebat lagi. Minimal, anda bisa dapat kartu namanya.

Setelah beberapa minggu ini stress dikejar waktu untuk menyelesaikan draft paper, rasanya nyaman sekali makan siang sekarang. Baru saja kuserahkan draft-nya ke Dr. Kay, pembimbing academic writing kami. Ditemani jus mangga yang tidak terlalu manis, mataku memandangi nasi dan lauk yang kupesan. Nasi, ayam, kuah kari, kentang dan kacang polong. Terlalu banyak, batinku. Aku sedikit  menyesal, harusnya pesannya cukup nasi, ayam dan kacang saja. Tak perlu ada kentang dan kuah kari. Kentang sudah bisa diatasi dengan nasi, tapi kuah kari? Wadefak! :D

Begitu pertama kali mengecap kuah kari itu, lidah rasanya berontak. Baru aku ingat, ini makanan muslim India, rasa karinya itu benar-benar bikin kapok. Kata mas bodrek, “makanan India itu bagus buat tubuh karena penuh berisi rempah-rempah. Dari Indonesia, cuma orang Bali yang suka masak seperti mereka,” cetus bang Bodrek bangga. Aku cuma tersenyum pahit dengar itu. Pengalamanku dengan nasi India di Foodgle, kantin asrama kami benar-benar membuatku trauma. Mengingat itu, “Takkan ku ulangi lagi membeli nasi orang India,” batinku. Sumpah yang gagal kutepati. Hehe.

Sepanjang observasi kilat dan singkat tentang “perkantinan” di Singapura ini, (kalau tidak salah, namanya Hawker, untuk menyebut kantin-kantin itu). Kantin itu tidak satu penjual, ada banyak warung yang menjual beraneka macam makanan berdasarkan negara. Mayoritas tentu saja Negara yang dekat dengan singapura. Jadi, mayoritasnya ada warung Thai, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Varian yang lain biasa berdasarkan etnis, seperti Chinese atau Beijing, Japanese, dan Western. Varian lainnya, ada warung Vegetarian, dan tentu saja Warung Muslim alias Warung berlabel halal, tapi tidak ada warung Christian atau Buddhist dan lainnya.

Alkisah, kantin di asrama kami biasa tutup jam 8-an malam. Jadwal aslinya, mereka buka sampai jam 10 malam. Tapi berhubung sering habis stok pada jam 7, maka tak ayal lagi, tak ada warung yang buka melebihi jam 8. Satu ketika, warung langgananku, satu-satunya warung berlabel Halal tutup seminggu. Mati dah! Selama seminggu pula, aku mesti beli makan di warung yang tidak berlabel halal. Batinku, sambil mengingat ceritera si Syam, teman CRCS yang setahun di Amrik, “sebelum makan, bismillah aja, HALAL!.” Pokoknya selagi bukan daging babi, hajar. Masalah itu digoreng pakai wajan yang sama untuk menggoreng babi, aku tidak tahu (dan tidak pengen tahu, haha). Karena tidak tahu, jadilah diperbolehkan secara hukum fiqih. Jadilah selama seminggu itu aku makan ayam dan sayur terus. Biar tidak bosan, pindah-pindah warung kalau mau.

Suatu saat, aku pengen nyoba masakan India. Seperti biasa, aku order nasi, daging selain babi, dan sayur. Owalah, ternyata yang diambilkan mas pelayannya cuma nasi, kuah warna-warni dan keripik apa gitu. Batinku, “mana sayurnya?.” Begitu dimakan, alamaaakk, “ini kuah apa pula?” jeritku haru! Hehe, dalam hati. Rasanya asin manis kecut pedas, nano-nano, sumpah gak enak. Nasinya? Keriiiing sekali, “Tidak pulen,” pasti gitu kata bang Bondan, pendekar kuliner TV, haha. Tidak maknyuss! Kripik pun aku coba, healah, kayak cengkeh rasanya.

Ampun! Setelah memaksa diri untuk menguyah beberapa sendok, perut rasanya pengen muntah. Setelah tengok kanan kiri, kubawa makanan itu ke rak tempat menaruh piring kotor. Aku menyerah. Kapok sudah. Malam itu, aku cukupkan diri untuk makan roti diolesi selai, pengganti makan malamku yang gagal.

Untuk siang ini, makanan ini bisa aku habiskan, walaupun harus menyisihkan kuah kari yang rasanya nano-nano ini. Orang bilang, anda bisa mengenali budaya suatu bangsa dengan menikmati makanannya. Buatku, itu kurang tepat. Lebih tepat, anda tidak harus mencicipi makanan suatu bangsa, jika itu tidak tepat untuk lidah anda, haha. Bagaimanapun, aku menyukai orang dari India, menyukai film dan lagu bollywood mereka, dan tentu saja, aku mengenal teman-teman India yang hebat-hebat juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malaysia, the second

Mendarat di KLIA (Kuala Lumpur International Airport), segera saja mata kami semua disambut dengan jejeran pesawat Malaysia Airlines (MAS) dan Airasia, dua pesawat kebanggaan orang Malaysia. Sebelumnya, ketika bersiap-siap mendarat, hanya sawit dan sawit yang menjadi pandangan kami. Memang, Malaysia sedang bergiat memacu penanaman sawit, agar bisa menyaingi Indonesia, sang pemimpin nomer satu produksi sawit sedunia. Menjejakkan kaki di KLIA ini, adalah kesempatan keduaku menjejak negeri jiran ini. Mei atau Juni kemarin, aku sudah sempat masuk ke negara ini, meski hanya di Johor Bahru, negara bagian yang berbatasan langsung dengan Singapura. Artinya, Pasporku pun sudah dua kali di stempel oleh negara serumpun kita ini, hehe. Seperti sudah pernah kutulis, bandara internasional adalah wajah pertama yang akan menyambut anda di suatu negara. Ia bisa jadi cerminan baik dan buruknya pelayanan di sebuah negara. Pada kondisi ini, Indonesia mesti mengakui kualitas pelayanan yang lebih b

Motivasi: Alert!

www.pulsk.com Aku baru menyadari, tipeku adalah pengajar yang suka memotivasi mereka yang diajar. Setiap pagi saat menemani para santri belajar bahasa inggris, aku tidak pernah lupa untuk menyemangati. Aku membantu mendorong dan memberikan pandangan yang sekiranya membuat mereka bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris. Dengan begitu, mereka akan bisa sukses dalam belajar, menurutku pastinya. Terlepas dari kelebihannya, peran seperti ini menurutku menyimpan beberapa masalah yang mesti diwaspadai. Pertama, motivasi adalah soal ujaran, sementara yang paling penting dalam hidup adalah tindakan. Motivasi tanpa tindakan adalah omong kosong. Nihil. Sementara, hidup tanpa tindakan yang baik dan berguna adalah bencana. Kita, sebagai manusia, cenderung sering tidak waspada dan lambat untuk belajar dari pengalaman di masa lampau. Contohnya, kita menyadari betapa pencemaran alam adalah hasil dari perbuatan kita yang ceroboh dan serakah men

Sore Hujan

Rintik-rintik melirik Tajamkan sukmaku, melayang Lihat, hujan sore ini menelantarkan sesirat Sedang kidung hidup terus menerka-nerka Apa gerangan terjadi? Masihkah sesuluhmu menjadi harap? Sedang derap waktu senantiasa lesu O, ia masih merintiki sore ini Seolah kesumat lampauan tahun menyerukannya Ya.. Sudah lampauan tahun Bumi tengadah menerjang lara Langit merintih keringkan asa Sore yang hujan Sayap-sayap pepohonan kembali merekah Aduhai, biarkan hijaumu menemani mataku Mengeja hari mengais-ngais rindu Sukma mendesah Hati merendah Telingaku menangkap dendang Kepalaku berputar riang (15 September 2009 pukul 16:13, Menyambut hujan perdana di Jombang)